Nasution, Nur Arisah (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA KARANG SARI MEDAN T. A. 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6121111028 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 6121111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
3. NIM. 6121111028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM. 6121111028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM. 6121111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
6. NIM. 6121111028 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM. 6121111028 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. NIM. 6121111028 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM. 6121111028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
13. NIM. 6121111028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM. 6121111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
menggiring bola dalam permainan bola basket melalui gaya mengajar inklusi dan
variasi pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Swasta Karang Sari Medan Tahun
Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini
adalah kelas VII yang terdiri dari 35 siswa, objek dalam penelitian ini adalah
menggunakan gaya mengajar inklusi dan variasi pembelajaran upaya
meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan bola basket pada
siswa kelas VII SMP Swasta Karang Sari Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses
dribbling bola basket.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I
yang berbentuk teknik dribbling bola basket. Setelah siklus I dilaksanakan maka
diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 35 orang siswa terdapat 21 siswa
yang telah tuntas yaitu sebesar 60% dengan nilai rata-rata 69,48. Ini berarti
ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu
melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan
penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus
I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa
dari 35 orang siswa terdapat 30 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86% dengan
nilai rata-rata 76,91. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah
tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan
melalui gaya mengajar inklusi dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil
belajar menggiring bola dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP
Swasta Karang Sari Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 030 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; hasil Belajar; Bola basket |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 02:59 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21916 |