Harahap, Muhammad Fahrezi (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR MEMUKUL DALAM PERMAINAN SOFTBALL MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KELAS XI IPA-2 SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6123311054 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 6123311054 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3. NIM 6123311054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM 6123311054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM 6123311054 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 6123311054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 6123311054 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 6123311054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 6123311054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. NIM 6123311054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 6123311054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar teknik dasar memukul dalam permainan softball melalui penerapan Metode Demonstrasi pada siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2016/17. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa/siswi kelas XI IPA-2 yang berjumlah sebanyak 40 siswa, yang akan diberikan tindakan melalui Metode Demonstrasi terhadap proses belajar memukul dalam permainan softball. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).
Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis : Nilai siswa pada tes hasil belajar siklus 1 diperoleh 30 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (75%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang siswa (25,5%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 75,37. Dari tes hasil belajar siklus 2 diperoleh data sebanyak 36 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (90%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (10%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 84,6. Maka kenaikan nilai klasikal ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 15% dengan kenaikan nilai rata-rata mencapai 9,23.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan proses hasil Teknik Memukul dalam permainan softball pada siswa/siswi kelas XI IPA-1 SMA egeri 11 Medan Tahun Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 025 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Softball; Model pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 02:10 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21907 |