Rajgukguk, Martin (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DANVARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK AKP GALANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
02. SURAT PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
03. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
09. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
13. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil
belajar chest pass dalam permainan bola basket melalui pendekatan saintifik dan
variasi pembelajaran pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK AKP Galang Tahun Ajaran
2016/2017.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di
akhir setiap siklus berbentuk penilaian teknik passing chest pass pada permainan
bola basket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
fortopolio penilaian hasil belajar chest pass pada permainan bola basket.
Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I dilakukan tes hasil belajar I
dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan salah satu teknik
dasar bola basket yaitu chest pass masih rendah. Dari 32 orang siswa terdapat 20
siswa (62.5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa
(37.5%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar
siswa adalah 73.60, nilai ini dikatakan tidak tuntas yakni masih di bawa KKM
meskipun sudah banyak siswa yang tuntas, namun belum mencapai ketuntasan
secara klasikal. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa
ii
dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. dari 32 orang
siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini, sudah mencapai 29 orang siswa (
90.625% ) yang memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya sebanyak 3
siswa ( 9.375% ) belum tuntas dalam pembelajaran . Nilai rata-rata yang diperoleh
mencapai 88.07.
Dalam hal ini dapat dilihat bahwa hasil analisis data dikatakan bahwa
melalui pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil
belajar chest pass pada permainan bola basket pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK
AKP Galang Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 040 |
Keywords: | Hasil Belajar Chest Pass;Variasi Pembelajaran; Pendidikan Jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 05:37 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 05:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21896 |