Manalu, Henok (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113112085 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 6113112085 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
3. NIM. 6113112085 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 6113112085 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM. 6113112085 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 6113112085 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 6113112085 TABLES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
8. NIM. 6113112085 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
12. NIM. 6113112085 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
13. NIM. 6113112085 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola melalaui variasi pembelajaran pada siswa kelas XI SMK Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas XI TKJ 3 yang terdiri dari 32 siswa, siswa yang laki-laki berjumlah 19 orang dan siswa yang perempuan berjumlah 13 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, diterima data nilai siswa (passing dengan kaki bagian dalam) dari sekolah, dimana dari 32 siswa, terdapat hanya 11 siswa yang tuntas memenuhi KKM yaitu sebesar 34,37%, dan siswa yang tidak tuntas 21 orang siswa yaitu sebesar 65,62%.
Maka untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut dilakukan pembelajaran, kemudian melakukan tes siklus I yang berbentuk teknik passing kaki bagian dalam. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 32 orang siswa terdapat 20 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 62,5% dengan nilai rata-rata 68,98 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 12 orang dengan ketuntasan belajar klasikal 37,5%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II dan memperbaiki kesalahan yang ada di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 32 orang siswa terdapat 28 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 87,5% dengan nilai rata-rata 78,61 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 12,5%. Kenaikan siklus I dan Siklus II adalah dari 62,5% meningkat menjadi 87,5%, atau meningkat sebesar 25%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola pada siswa kelas XI SMK Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2016/2017 Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 007 |
Keywords: | Pendidikan jasamani; Sepak bola; Gerak motorik; hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 05:05 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21890 |