Roslena, Herlina Ema (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN GERAK LOKOMOTOR, NON LOKOMOTOR DAN MANIPULATIF ANAK TUNA GRAHITA RINGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP SLB NEGERI SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123311036 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 6123311036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
3. NIM. 6123311036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 6123311036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 6123311036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 6123311036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 6123311036 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 6123311036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 6123311036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
13. NIM. 6123311036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 6123311036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas VII SMP SLB Negeri Serdang Bedagai Kabupaten Serdang Bedagai tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) dan subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari 10 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian portofolio passing bawah bolavoli.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk passing bawah bolavoli melalui permainan gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 10 siswa terdapat 4 yang tuntas yaitu sebesar 40% dengan nilai rata-rata dan siswa yang belum tuntas berjumlah 6 siswa yaitu sebesar 60%. Ini berarti ketuntasan belajar kasikal (≤ 70%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukan siklus II yang sama perlakukan di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa dimana dari 10 orang siswa terdapat 8 orang yang tuntas yaitu sebesar 80% dengan nilai rata-rata dan siswa yang belum tuntas berjumlah 2 orang siswa. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (≥ 70%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui permainan gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas VIII SMP SLB Negeri Serdang Bedagai Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 023 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani;Bolavoly; Passing Bawah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 02:56 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21871 |