Hadi, Mukhlis (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR PENUGASAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6113311092_COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM. 6113311092_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. NIM. 6113311092_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 6113311092_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 6113311092_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
6. NIM. 6113311092_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7. NIM. 6113311092_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM. 6113311092_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
9. NIM. 6113311092_BAB I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
13. NIM. 6113311092_BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM. 6113311092_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
melakukan passing bawah pada siswa kelas XI SMA negeri I perbaungan Tahun
ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan
subjek penelitian adalah kelas XI yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan pada tanggal 16 mei sampai dengan 30 mei. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian adalah lembar penilaian proses passing bawah pada
permainan bola voli.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui gaya mengajar penugasaan
seluruh siswa memiliki tugas yang sama hanya tingkat kesulitannya berbeda
sesuai dengan kemampuan dan daya serap siswa dalam melakukan pembelajaran
pada materi bola voli passing bawah, siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya
pada pokok bahasan bola voli. Hasil penelitian, pada saat pre-test sebelum diberi
tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 63.87% ,dengan ketuntasan
klasikal 4 siswa atau 16.66% dikatakan belum berhasil baik secara keseluruhan.
Setelah diberi tindakan melalui penerapan gaya mengajar penugasan yang
dilakukan pada penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat
menjadi 75,66% dengan ketuntasan belajar siswa dari 16 siswa sebesar 66,66%.
Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti
masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pemebelajaran, dan peneliti
melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II dengan penambahan
tugas variasi. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil
belajar siswa dimana dari 24 siswa terdapat 22 siswa dengan nilai setelah
dikonversikan sebesar 91,66% yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan
siswa yang tidak tuntas berjumlah 2 orang siswa atau 8,34%. Ini berarti
ketuntasan belajar klasikal (>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan
penerapan gaya mengajar penugasan dapat meningkatkan hasil belajar passing
bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA N I Perbaungan Tahun Ajaran
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 078 |
Keywords: | Hasil belajar; Bola Vali passing bawah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 04:42 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21845 |