Daulay, Ahyar Ripai (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6113112017 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 6113112017 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
3. NIM 6113112017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM 6113112017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM 6113112017 DAFTARISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM 6113112017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 6113112017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. IM 6113112017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 6113112017 BAB I.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM 6113112017 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM 6113112017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan hasil belajar passing
bawah dalam materi bola voli dengan menggunakan metode tipe think pair share
pada siswa SMP Negeri 2 Perbaungan Tahun Ajaran 2016/2017. Dari hasil data
awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam
melakukan teknik passing atas ini masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil
belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )
yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi
data dan memapaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nilai rata
rata dan persentase ketuntasan belajar.
Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Perbaungan TahunAjaran 2016-2017 yang berjumlah 30 orang.
Hasil penelitian pada siklus I Menunjukkan bahwa hasil belajar passing
bawah bola voli yaitu 47% yang tuntas belajarnya, dan 53% siswa yang tidak
tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan passing bawah pada siklus
I secara keseluruhan 63%. Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar
passing atas permainan bola voli yaitu 86% siswa yang tuntas belajarnya, dan
14% siswa yang tidak tuntas belajarnya. Dan hasil belajar siswa secara
keseluruhan dalam melakukan passing bawah dalam permainan bola voli pada
siklus II yaitu 80%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode tipe
think pair share dapat memberikan kontribusi yang sangat besar dan signifikan
terhadap hasil belajar siswa dalam melakukan passing bawah permainan bola voli
pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Perbaungan Tahun Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 073 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pendidikan Jasmani; Passing Bawah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 04:12 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21840 |