Gea, Erina Wati (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN MENGHIAS BUSANA DENGAN HASIL BELAJAR HIASAN SULAM PITA SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK PENCAWAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 509143011 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 509143011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
3. NIM. 509143011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM. 509143011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 509143011TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 509143011 TABLE.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM. 509143011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM. 509143011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. NIM. 509143011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
13. NIM. 509143011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM. 509143011 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kecenderungan Pengetahuan
Menghias Busana (2) untuk mengetahui kecenderungan Hasil Belajar Hiasan
Sulam Pita (3) untuk mengetahui Hubungan yang signifikan antara Pengetahuan
Menghias Busana Dengan Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita Pada Siswa Kelas XI
Jurusan Tata Busana SMK Pencawan Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah
Siswa Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Pencawan Medan berjumlah 23 orang.
Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik sampling jenuh yaitu
mengambil seluruh populasi untuk menjadi sampel sebanyak 23 orang.
Data penelitian ini dijaring melalui tes untuk variabel Pengetahuan
Menghias Busana. Validitas (kesahihan) test Pengetahuan Menghias Busana diuji
dengan rumus korelasi point biserial dengan tingkat penerimaan pada taraf
signifikansi 5%, sehingga diketahui dari 40 soal tes objektif yang disusun, ada 37
soal dinyatakan valid dan 3 soal tidak valid. Reliabilitas (keterandalan) test
Pengetahuan Menghias Busana diuji dengan rumus kudder-Richarson (KR-20),
dari hasil perhitungan diperoleh koefisien reliabilitas test sebesar 0,908.
Sedangkan untuk data Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita data dijaring melalui
lembar pengamatan. Berdasarakan uji kesepakatan pengamat dengan
menggunakan ANAVA satu jalur dengan tingkat penerimaan pada taraf
signifikansi 5% dan dk = 4 : 115, diperoleh Ftabel = 2,45, sehingga diketahui Fo <
Ft (2,276 < 2,45). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada
perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima orang observer
(pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang Hasil
Belajar Hiasan Sulam Pita dapat digunakan untuk menjaring data penelitian.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan Menghias
Busana cenderung tinggi, sedangkan Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita pada Siswa
Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Pencawan Medan cenderung tinggi.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan korelasi Rank
Spearman diketahui terdapat hubungan antara Pengetahuan Menghias Busana
dengan Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita Pada Siswa Kelas XI Jurusan Tata
Busana SMK Pencawan Medan, rxy sebesar 0,521, dimana rhitung > rtabel (0,466 >
0,413). Dengan demikian Pengetahuan Menghias Busana yang tinggi akan
memberikan hubungan yang signifikan pada Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita oleh
Siswa Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Pencawan Medan UNIMED
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 BSN 030 |
Keywords: | Pengetahuan Menghias Busana; Hasil Belajar ;Hiasan Sulam Pita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 03:17 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21838 |