Lestari, Ila (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMILIH BAHAN UTAMA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5103341017. COVER pdf.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. 5103341017. LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN SURAT PERNYATAAN.docx.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
3. 5103341017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
4. 5103341017 KATA PENGANTAR pdf.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. 5103341017 DAFTAR ISI PDF.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. 5103341017 DAFTAR TABEL pdf.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. 5103341017 DAFTAR GAMBAR pdf.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. 5103341017 DAFTAR BAGAN pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. 5103341017. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. 5103341017. BAB I pdf.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
14. 5103341017. BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
15. 5103341017 DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). untuk mengetahui hasil belajar memilih bahan utama dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif. (2). mengetahui hasil belajar memilih bahan utama berbantuan media gamabar. (3). untuk mengetahui pengaruh hasil belajar memilih bahan utama yang diajarkan dengan menggunakana strategi pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar dengan menggunakan media gambar.
Penelitian dilaksanaan di SMK Negeri 1 Stabat. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat T.P 2015/2016 yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Uji validitas tes menggunakan rumus koefisien point biserial sedangkang uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata (uji t).
Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarakan tes hasil belajar yang diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar di peroleh rata-rata (Mean) = 28,92, dan varians 5,47 dengan skore tertinggi 35 dan skor terendah 15 dengan jumlah sampel 36 siswa. tingkat kecendrungan nilai siswa 86% tergolong tinggi dan 14%tergolong kurang. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan media gambar terdapat rata-rata skor 23,4 dan varians 5,54 dengan skor tertinggi 32 dan skor terendah 17 dengan jumlah sampel 35 siswa. tingkat kecendrungan nilai siswa 43% tergolong tinggi dan 57% tergolong kurang. Dari hasil perhitungan hipotesis terdapat yaitu 9,85 dengan yaitu 1,997, dapat terlihat bahwa atau 9,85 ˃ 1,997 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar memilih bahan utama siswa menggunkanan strategi pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar lebih tinggi didandingkan hasil belajar memilih bahan utama siswa menggunkan media gambar pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BSN 022 |
Keywords: | Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw;n Media Gambar; Hasil Belajar; Memilih Bahan Utama. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TR Photography |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 02:54 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21837 |