Nasution, Abdul Fattah (2004) HUBUNGAN KESADARAN TUGAS PROFESI GURU DAN PERSEPSI TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN ETOS KERJA GURU (STUDI PADA GURU-GURU MAN DI KABUPATEN LABUHANBATU). Masters thesis, UNIMED.
015030083- Cover.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
015030083- Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
015030083- Abstrak.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
015030083- Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
015030083- Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
015030083- Bab V.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
015030083- Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
Abstract
Rendahnya kualitas pendidikan nasional saat ini antara lain disebabkan oleh rendahnya Etos Kerja Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kesadaran Tugas Profesi Guru dan Persepsi tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Ems Kerja Guru di MAN Kabupaten Labuhanbatu.Hipotesis penelitian ini ada tiga. Pertarna, terdapat hubungan positif yang berarti antara Kesadaran Tugas Profesi Guru dengan Etas Kerja Guru. Kedua, terdapat hubungan positif yang berarti antara Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Etos Kerja Guru. Ketiga, terdapat hubungan positif yang berarti antara Kepuasan Kerja dan Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama-sama dengan Ems Kerja Guru.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru MAN di Kabupaten Labuhanbatu. Sampel penelitian berjumlah 62 orang yang dipilih dengan teknik sampel acak berstrata. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner dengan model Skala Liken` dan Semantik Diferensial. Kesahihan instrumen diperaleh melatui analisis validitas isi dan validitas konstruk dibimbing oleh pembimbing. Keterandalan instrumen diuji dengan analisis Alpha.Data dianalisis dengan analisis korelasi, dan regresi melalui bantuan computer pada program SPSS. Uji koefisien korelasi dan model regresi dilakukan masing¬masing dengan uji-t dan uji-F pada taraf signifikansi 0,05.Hasil analisis data menunjukkan, bahwa Kesadaran Tugas Profesi Guru berkorelasi secara berarti dengan Etos Kerja mereka (ry1 = 0,55), demikian juga antara Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Etas Kerja Guru (ry2 = 0,56). Secara bersama-sama, Kesadaran Tugas Profesi Guru dan Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah berkorelasi secara berarti dengan Ems Kerja Guru (Ry = 0,44).Kontribusi atau sumbangan Kesadaran Tugas Profesi Guru dan Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Etas Kerja Guru adalah sebesar 43,80 %.Temuan penelitian ini menunjukkan, bahwa tingkat Etas Kerja Guru MAN di Kabupaten Labuhanbatu dapat diprediksi atau dideterminasi oleh Kesadaran Tugas Profesi Guru dan Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, baik secara sendiri-sendiri atau secara bersama-sama.Hasil penelitian ini memberikan implikasi, bahwa Kesadaran Tugas Profesi Guru dan Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah perlu diperhatikan oleh para manajer ataupun para pengambil keputusan di bidang pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.201 Nas h |
Keywords: | Etos kerja; Kepemimpinan; Kepala sekolah; Kesadaran tugas profesi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 Jun 2016 05:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2183 |