Meliala, Rina Sari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BATIK TULIS SISWA KELAS X KRIYA TEKSTIL DI SMK NEGERI 1 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509143033- COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2.NIM. 509143033 - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
3. NIM. 509143033 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 509143033 - PREFACE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM. 509143033 - TABLEOF CONTENT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM. 509143033 - TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 509143033 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 509143033 - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 509143033 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM. 509143033 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14.NIM. 509143033 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum learning, mengetahui hasil belajar membatik, mengetahui tingkat kecenderungan kelas penelitian, mengetahui homogenitas varians pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Berastagi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Berastagi. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X program keahlian Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 3 kelas dengan jumlah 90 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sample, sehingga sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi Experiment).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar Membatik pada siswa kelas X Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi untuk kelas Eksperimen cenderung cukup dimana jumlah siswa pada kategori cukup yaitu 36,7%. Tingkat kecenderungan hasil belajar Membatik untuk kelas Kontrol cenderung kurang yaitu 23,3%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus uji lilefors pada taraf signifikan 5% dengan n= 30, diperoleh hasil belajar Membatik kelas Eksperimen berdistribusi nomal, karena Lhitung< Ltabel(0,112 <0,161) dan kelas Kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung< Ltabel(-0,133<0,161). Sedangkan uji homogenitas ,diperoleh Fhitung <Ftabel yaitu 1,02 < 1,86 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen).
Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 12,02 sedangkan nilai tabel pada taraf signifikansi 5% dengan n 58= sebesar 1,67. Dengan demikian thitung > ttabel (12,02>1,67). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Membatik pada siswa kelas X Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BSN 025 |
Keywords: | Model Pembelajaran Quantum Learning; Batik Tulis;Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TR Photography |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 01:34 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 01:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21822 |