Sitanggang, Febri Fernando (2016) RANCANG BANGUN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MATLAB DENGAN TRAINER PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 5123331017 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
NIM 5123331017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (826kB) | Preview
NIM 5123331017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
NIM 5123331017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
NIM 5123331017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
NIM 5123331017 TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
NIM 5123331017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
NIM 5123331017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
NIM 5123331017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
NIM 5123331017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi pengunaan jenis media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, permasalahan yang muncul adalah bagaimana seorang guru mampu menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, dapat menimbulkan aktivitas dan prestasi siswa melalui pemilihan dan pengunaan metode pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran mempunyai peranan yang sama pentingnya dengan factor-faktor pendidikan yang lain, namun kurang diperhatikan oleh guru. Padahal pemilahan media yang tepat, yaitu yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan dengan tujuan yang akan dicapai, merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mnegetahui rancang bangun meodul pembelajaran berbasis matalab dengan trainer pada mata pelajran dasar dan pengukuran listrik dan menguji kelayakan modul pembelajaran yang dirancang sebagai modul pembelajaran yang efektif bagi siswa. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMK NEGERI 2 Medan yang terdiri dari 1 kelas dan berjumlah 20 orang. Prosedur rancang bangun modul pembelajaran berbasis matlab dengan trainer pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik yang dikemas dengan mengunakan model desain pengembangan ADDIE( Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), modul dinilai dengan mengunakan angket oleh peniliti, kemudian diuji cobakan kepada siswa untuk mengetahui tingkat kelayakan modul berdasarkan indicator yang telah ditentukan. Hasil diolah secara diskriptif presentase. Hasil angket yang diberikan kepada ahli modul dan ahli bidang studi sebagai evaluator menyatakan kelayakan pengembangan modul pembelajaran sebagai media pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik ( 83,55). Angket siswa pada uji coba siswa yang berjumlah 20 orang menunjukkan ketertarikan siswa pada pengembangan modul pembelajaran yaitu pada rata-rata 88.69 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 058 |
Keywords: | Pembelajaran dasar dan pengukuran listrk; Modul pembelajaran berbasis matlab dengan trainer; Model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 07:53 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21800 |