Sari, Dewi Kemala (2016) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN RIAS WAJAH KHUSUS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123144005_COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 5123144005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
3. NIM. 5123144005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 5123144005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5. NIM. 5123144005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 5123144005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. NIM. 5123144005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
8. NIM. 5123144005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5123144005_BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
13. NIM. 5123144005_BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 5123144005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berupa produk modul pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran rias wajah geriatri dan untuk mengetahui efektifitas pengembangan modul pembelajaran berbasis web.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Medan. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran rias wajah khusus kompetensi rias wajah geriatri yang didesain menggunakan modul pembelajaran berbasis web. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI tata kecantikan kulit yang berjumlah 30 orang di SMK Negeri 8 Medan. Modul pembelajaran berbasis web meliputi tiga tahapan, yakni : penentuan (define), pengembangan (develop), dan penilaian (evaluate). Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, Uji coba kelompok kecil berjumlah 5 orang siswa, uji coba kelompok sedang berjumlah 15 orang siswa, uji coba kelompok besar berjumlah 30 orang siswa , dan dilanjutkan dengan uji efektifitas guru dan siswa. Data tentang kualitas produk pengembangan dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) ahli materi rias wajah khusus berada pada kualifikasi sangat baik (95,8%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (91,7%), (3) uji coba kelompok kecil berada pada kulifikasi sedang (69,4%), (4) uji coba kelompok sedang berada pada kualifikasi baik (79,9%), (5) uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik (86,1%), (6) uji efektifitas siwa pada kualifikasi sangat baik (89,2%), (7) uji efektifitas guru pada kualifikasi sangat baik (98%) ini membuktikan tingkat keefektifan modul pembelajaran berbasis web yang di kembangkan sangat baik untuk mata pelajaran khusus kompetensi rias wajah geriatri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 RIAS 042 |
Keywords: | Modul Pembelajaran Berbasis Web;Media Flash; Rias Wajah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 07:34 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21794 |