Ridha, M. Arsyadi (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOS PENGADAAN BARANG/JASA PADA PELELANGAN SECARA ELEKTRONIK DI PEMERINTAH DAERAH KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Mediasi, 05 (02). ISSN 2085-6342
Fulltext.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan replikasi pada penelitian Onur et al. (2012). Penelitian ini menguji pengaruh lingkungan kompetitif terhadap kos pengadaan barang/jasa pemerintah daerah di Indonesia. Data penelitian ini dikumpulkan dari website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) pada pemerintah daerah kota Yogyakarta. Dari website tersebut, data yang diperoleh adalah 316 e-lelang umum. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa jumlah penyedia layanan yang mengikuti lelang akan dipengaruhi oleh estimasi kos yang telah ditetapkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). PPK adalah pejabat yang berwenang untuk menentukan keuntungan dan biaya yang wajar dalam pelaksanaan pengadaan. Jumlah peserta lelang juga dipengaruhi oleh jenis pengadaan yang dilelangkan oleh pemerintah. Hasil selanjutnya menunjukkan bahwa jumlah peserta lelang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kos pengadaan barang/jasa. Adanya lingkungan yang kompetitif secara signifikan menurunkan kos pengadaan barang/jasa. Penelitian ini memberikan konstribusi atas efektivitas pelelangan secara elektronik khususnya pelelangan umum dalam menurunkan kos pengadaan barang/jasa dan membuktikan bahwa teori pelelangan terjadi pada pemerintahan daerah di Indonesia, khususnya pemerintah daerah kota Yogyakarta.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Lingkungan kompetitif; Lelang; Estimasi kos; Pengadaan barang; Pengadaan jasa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5469.7 Markets. Fairs J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 06:09 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 06:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21791 |