Siregar, Ilham Khairi and Yusuf, A. Muri and Mudjiran (2016) PERBEDAAN KEBUTUHAN BERAFILIASI SISWA BERPRESTASI TINGGI DAN SISWA BERPRESTASI RENDAH DI SMA NEGERI SEKOTA BINJAI DAN IMPLIKASINYA DALAM PELAYANAN PENGEMBANGAN BIDANG KEMAMPUAN SOSIAL. Jurnal Mediasi, 05 (02). ISSN 2085-6342
Fulltext.pdf - Published Version
Download (989kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada analisis sosiometri di atas siswa SMA negara Binjai Kota, siswa kelas XI masih ditemukan terisolasi namun memiliki prestasi tinggi. Kemudian, hasil dari AUM di salah satu SMA negeri di Kota Binjai, menemukan masalah terberat di bidang hubungan sosial dalam pernyataan titik "tidak memiliki teman dekat, hubungan sosial yang terbatas". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan memverifikasi perbedaan perlu afiliasi perlu siswa berprestasi tinggi dan rendah. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif komparatif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan populasi 1.555 siswa dan jumlah sampel 294 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan untuk menguji perbedaan uji t dengan menggunakan metode statistik melalui program komputer SPSS 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kebutuhan untuk siswa afiliasi prestasi tinggi dalam kategori sedang, (2) kebutuhan bagi siswa afiliasi berprestasi dalam kategori tinggi, dan (3) analisis hasil uji t menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kebutuhan untuk siswa afiliasi berprestasi dan siswa berprestasi di SMA Kota Binjai. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai analisis kebutuhan dan mahasiswa pertimbangan pemrograman layanan BK di SMA Kota Binjai.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Prestasi; Kebutuhan berafiliasi; Kemampuan sosial |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 05:52 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 05:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21790 |