Putri, Sefni Rama and Syahniar and Alizamar (2016) KONTRIBUSI TINGKAT PENERIMAAN OLEH TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NUSATAMA PADANG SERTA IMPLIKASINYA DALAM PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Mediasi, 05 (02). ISSN 2085-6342
Fulltext.pdf - Published Version
Download (881kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa yang masih di tingkat rendah. Tingkat penerimaan oleh teman sebaya dan konsep diri adalah faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) siswa tingkat penerimaan teman sebaya, (2) siswa konsep diri, (3) siswa motivasi belajar, (4) kontribusi tingkat penerimaan teman sebaya terhadap siswa motivasi belajar, (5) kontribusi konsep diri terhadap siswa motivasi belajar, dan (6) kontribusi bersama dari tingkat penerimaan teman sebaya dan konsep diri terhadap siswa motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas XI yang berjumlah 324 siswa, sampel 179 siswa, yang dipilih dengan teknik proporsional random sampling. Data adalah analisis menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Hasil penelitian ini: (1) siswa tingkat penerimaan teman sebaya pada kategori tinggi, (2) siswa konsep diri pada kategori tinggi, (3) motivasi belajar siswa pada kategori tinggi, (4) ada merupakan kontribusi dari tingkat penerimaan teman sebaya dengan siswa motivasi belajar untuk 29%, (5) terdapat kontribusi konsep diri untuk siswa motivasi belajar 37,2%, dan (6) ada kontribusi sama tingkat penerimaan teman sebaya dan konsep diri dengan motivasi belajar siswa menjadi 44,8%. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan untuk membuat program bimbingan dan konseling jasa terutama ke arah pembelajaran sosial-diri.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Teman sebaya; Konsep diri; Motivasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 05:46 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 05:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21789 |