Tarigan, Dewi Rasyunita Loimse (2016) PENGARUH METODE LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN HIASAN BUSANA SISWA KELAS XI KRIYA TEKSTIL SMK NEGERI 1 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5103141003 - COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. 5103141003 - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. 5103141003 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. 5103141003 - PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. 5103141003 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. 5103141003 - TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. 5103141003 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. 5103141003 - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. 5103141003 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
13. 5103141003 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. 5103141003 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar
pembuatan hiasan busana pada siswa SMK Negeri 1 Berastagi (2) hasil
belajar pembuatan hiasan busana menggunakan metode latihan pada siswa
SMK Negeri 1 Berastagi (3) pengaruh penggunaan metode latihan
terhadap hasil belajar pembuatan hiasan busana pada siswa SMK Negeri
1 Berastagi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Berastagi yang
berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total
sampling sehingga jumlah sampel penelitian adalah 60 orang. Metode
pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan hasil belajar
pembuatan hiasan busana dengan teknik sulaman melekatkan benang.
Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji
normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pembuatan
hiasan busana dengan menggunakan metode latihan diperoleh nilai ratarata
sebesar 38 dan standar deviasi 10,11 dengan memiliki kecenderungan
nilai tinggi yaitu 83,33 %. Sedangkan hasil belajar pembuatan hiasan busana
menggunakan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata 33 dan
standar deviasi 14,5 dengan memiliki tingkat kecenderungan tidak tinggi
tidak rendah tetapi memiliki persentase 66,67 % pada kategori cukup.
Hasil Uji-t diperoleh harga thitung=3,9 dengan ttabel = 1,671 pada df = 58
yaitu sebesar 1,671. Maka nilai thitung > ttabel = 3,9 > 1,671, yang artinya ada
pengaruh penggunaan metode latihan terhadap hasil belajar pembuatan
hiasan busana pada siswa SMK Negeri 1 Berastagi teruji kebenarannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKK 013 |
Keywords: | Metode Pemelajaran; Metode latihan; Hasi Belajara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 03:56 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21777 |