Pakpahan, Novi Emita (2016) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TIPTL SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5121131007 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
02. NIM. 5121131007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
03. NIM. 5121131007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
04. NIM. 5121131007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
05. NIM. 5121131007 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
06. NIM. 5121131007 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07. NIM. 5121131007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
08. NIM. 5121131007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. NIM. 5121131007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
13. NIM. 5121131007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM. 5121131007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) membangun multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam (2) mengetahui kelayakan produk multimedia pembelajaran interaktif Dasar dan Pengukuran Listrik (3) mengetahui respon penilaian siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif Dasar dan Pengukuran Listrik. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dibangun menggunakan beberapa software yang terdiri dari adobe flash CS6, Corel Video Studio Pro6, dan AMR to MP3 Converter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model desain intruktional ADDIE yang terdiri atas: (1) analysis, (2) design, (3) development & implementation, dan (4) evaluation. Penelitian ini dilakukan di Negeri 1 Lubuk Pakam dengan subyek penelitian siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL). Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan penilaian oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Pada tahap evaluasi produk dilakukan penilaian oleh siswa sebagai pengguna. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data digunakan dengan analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian adalah: (1) produk multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik pada kompetensi dasar mendeskripsikan arus listrik dan elektron dan mendeskripsikan bahan-bahan listrik (2) kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi diperoleh rerata skor sebesar 4,82 yang termasuk dalam interpretasi “sangat layak”, sedangkan berdasarkan validasi ahli media diperoleh rerata skor sebesar 4,65 yang termasuk dalam interpretasi “sangat layak”. (3) penilaian respon siswa mendapatkan rerata skor sebesar 4,43 dan termasuk dalam interpretasi “sangat layak”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 054 |
Keywords: | Multimedia interaktif; Media pembelajaran; Model ADDIE; Desain pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 09:08 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21772 |