Sitorus, Indra Lesmana (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMAHAMI BAHAN-BAHAN BANGUNAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5112111003 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2. NIM 5112111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
3. NIM 5112111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 5112111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM 5112111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 5112111003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 5112111003 TABLES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM 5112111003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 5112111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
13. NIM 5112111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
14. NIM 5112111003 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Memahami Bahan-Bahan Bangunan Siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pematangsiantar dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 30 orang.
Hasil uji coba instrument pada siklus I pada April 2016 diperoleh 20 soal valid dari 25 soal menggunakan Rumus Koefisien Point Biseral, uji reliabilitas 0,899, indeks kesukaran diperoleh 1 soal mudah dan 19 soal sedang , dan daya pembeda diperolah 14 soal baik dan 6 soal cukup sedangkan pada siklus II diperoleh 22 soal valid dari 25 soal, uji reliabilitas 0,820, indeks kesukaran diperoleh 6 soal mudah dan 16 soal sedang, daya pembeda 4 soal baik, 12 soal cukup, dan 6 soal jelek.
Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan pada siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 66,53 dengan ketercapaian kelas 47% meningkat menjadi 87,3 dengan ketercapaian kelas 100 % pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I meningkat yaitu 65,5 menjadi 88,16 pada siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memahami Bahan-Bahan Bangunan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 BAN 042 |
Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Script; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 08:25 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21763 |