Siregar, Rizky Ramadhana (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X TGB SMKN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113311022 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 5113311022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5113311022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
4. NIM. 5113311022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
5. NIM. 5113311022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 5113311022 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. NIM. 5113311022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 5113311022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
9. NIM. 5113311022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
13. NIM. 5113311022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
14. NIM. 5113311022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) memberikan pengaruh yang berbeda
dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar ilmu
bahan bangunan. 2) memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan
pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar ilmu bahan bangunan.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Populasi dalam penelitian
adalah siswa kelas X TGB I dan X TGB II Semester Genap di SMK Negeri 2
Medan yang terdiri dari 2 kelas. Kelas eksperimen (X TGB I) berjumlah 36 orang
dan kelas kontrol (X TGB II) berjumlah 36 orang. Sebelum melakukan penelitian
telah dilakukan uji coba instrumen sebanyak 35 butir soal, yang digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan
berganda. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran
Student Facilitator and Explaining dan kelas kontrol dengan pembelajaran
konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran
pengetahuan ilmu bahan bangunan dalam bentuk objektif tes sebanyak 30 butir
soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas
tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan
model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih tinggi dari hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji
statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining adalah pre test sebesar 58,15 dan post test sebesar
77,96 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran
konvensional adalah pre test sebesar 57,13 dan post test sebesar 72,037. Hasil
pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu 2,504 > 1,673 pada taraf
signifikan 5% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran
Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ilmu bahan bangunan kelas X program keahlian teknik gambar
bangunan di SMK Negeri 2 Medan T.A 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 067 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Student Facilitator and Explaining;Hasil Belajar, Ilmu Bahan Bangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21762 |