Simangunsong, Vera Yuni A. (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENERAPKAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 512331037 COVER.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
2. NIM. 5123311037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
3.NIM. 5123311037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
4. NIM. 5123311037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM. 5123311037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
6. NIM. 5123311037 TABLES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM. 5123311037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 5123311037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. NIM. 5123311037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
13. NIM. 5123311037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
14. NIM. 5123311037BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk
menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mata
pelajaran Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan (MIST) pada kompetensi Dasar
Menerapkan Cara Menyusun Gaya Dalam Struktur Bangunan di Kelas X Program
Keahlian Teknik Konstruksi Batu Dan Beton SMK Negeri 1 Balige T.P.
2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua
siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus
terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan
(observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I mempelajari tentang Besaran
Dan Satuan, Besaran Skalar Dan Vektor, Dan sistem Satuan SI. Pada siklus II
mempelajari tentang Arah Gaya, Menguraikan Dan Menggabungkan Gaya Dan
Hukum Newton.
Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa. Hasil uji coba instrumen
penelitian dari 25 soal pada siklus I terdapat 20 soal valid, uji tingkat kesukaran
terdapat 16 soal mudah, 4 soal sedang dan tidak terdapat soal dalam katagori
sukar, uji daya pembeda tes didapat 9 soal buruk, 10 soal cukup dan 1 soal baik,
uji reliabilitas tes didapat 0,73 (Tinggi). Pada siklus II dari 25 soal diperoleh 21
soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 16 soal mudah, 5 soal sedang. Uji daya
pembeda tes didapat 12 soal buruk, 5 soal cukup dan 4 soal baik, uji reliabilitas
tes didapat 0,79 (tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan ratarata
komulatif hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 75 dan tuntas secara
klasikal jika seluruh kelas ≥ 75% siswanya tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan
Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran MIST Kompetensi Dasar
Menerapkan Cara Menyusun Gaya Dalam Struktur Bangunan Siswa Kelas X
Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMK Negeri 1 Balige
Tuan T.P. 2016/2017. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang
menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna
dari pembelajarannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 058 |
Keywords: | Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; Hasil Belajar;Ilmu Statistika |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 08:08 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21760 |