Pasaribu, Dina Evo (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123311007 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 5123311007 OFFERING.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3. NIM. 5123311007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM. 5123311007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
5. NIM. 5123311007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM. 5123311007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 5123311007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM. 5123311007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 5123311007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
15. NIM. 5123311007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM. 5123311007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X
Mata Pelajaran Gambar Teknik Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan
SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian dilakukan kepada kelas X Teknik
Gambar Bangunan (TGB) SMK N.1 Lubuk Pakam. Jumlah sampel adalah 70
siswa. Dimana kelas kontrol berjumlah 36 siswa dan kelas eksperimen sebanyak
36 siswa. Adapun kelas eksperimen yaitu yang diberikan perlakuan model
pembelajaran group investigation, dan kelas kontrol dengan perlakuan model
konvensional.Untuk kelas eksperimen rata-rata hasil pretest adalah 42,805 dan
rata-rata hasil posttest adalah 81,833. Rata-rata hasil posttest untuk kelas
eksperimen telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 70.
Sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata hasil pretest adalah 40,61 dan rata-rata
hasil posttest adalah 66,083. Rata-rata hasil posttest untuk kelas kontrol belum
memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 70. Hasil uji hipotesis
menyimpulkan bahwa thitung = 5,675 dan ttabel = 1,994 maka thitung > ttabel (5,675 >
1,994) hasil ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Dimana Ha adalah
Hasil belajar menggambar teknik yang diajarkan dengan menggunakan model
group investigation lebih tinggi dari pada hasil belajar gambar teknik yang
diajarkan dengan metode konvensional siswa kelas X TGB. Hasil belajar gambar
teknik yang diberi perlakuan dengan model group investigation lebih tinggi dari
model konvensional, dikarenakan dengan model group investigation siswa dengan
mudah menguasai isi pembelajaran yang diajarkan oleh guru melalui kelompok
kelompok yang dibuat, yang membuat siswa untuk saling bertukar pikiran dan
terlibat langsung dalam proses belajar sehingga siswa akan semakin aktif dalam
proses belajar. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe group investigation memberikan pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X gambar teknik SMK N.1 Lubuk
Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 BAN 050 |
Keywords: | Hasil belajar gambar teknik; Model Pembelajaran Group Investigation; Model Konvensional. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 06:58 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21745 |