Awaluddin, Muhammad (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113311017 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 5113311017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
3. NIM. 5113311017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 5113311017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM. 5113311017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM. 5113311017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 5113311017 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM. 5113311017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5113311017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
13. NIM. 5113311017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 5113311017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bahan bangunan melalui penerapan strategi problem based leraning pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Kisaran semester genap Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 Orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus pembelajaran. Dimana siklus pertama mempelajari sifat-sifat umum kayu sifat-sifat fisis kayu sifat-sifat mekanis kayu. Dan siklus kedua mempelajari jenis-jenis kayu untuk bahan bangunan.
Instrumen yang diujikan berupa tes. Tes sebelum diujikan terlebih dahulu diuji cobakan untuk memperoleh tes yang memenuhi syarat.. Dari hasil uji coba instrument di SMK Negeri 2 Kisaran berjumlah 30 orang yang dilakukan pada siklus pertama dari 25 soal diperoleh 24 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 4 soal yang mudah, 18 soal yang sedang dan 1 soal yang sukar. Uji daya beda didapat 3 soal sangat baik, 14 soal yang baik, 10 soal cukup dan 2 sukar. Uji reabilitas diperoleh 0,8691 (sangat tinggi). Pada siklus kedua dari 25 soal diperoleh 23 soal valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 4 soal mudah, 18 soal sedang dan 1 soal yang sukar , uji daya beda didapat 2 sangat baik, 9 soal baik, 12 soal cukup dan 1 soal yang jelek. Uji reabilitas diperoleh 0.905 ( sangat tinggi). Penelitian ini dikatakan berhasil diukur berdasarkan indicator berdasarkan indicator rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 80% di dalam kelas dengan baik dalam pembelajaran ilmu bahan bangunan.
Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan siklus I dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 75% meningkat menjadi 80% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 047 |
Keywords: | Problem Based Learning; Hasil Belajar;Bahan Bangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 06:41 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21741 |