PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU

Simatupang, Doris (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5123111014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5123111014 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5123111014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5123111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5123111014 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5123111014 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5123111014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5123111014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5123111014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5123111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5123111014 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5123111014 TABLES.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5123111014 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5123111014 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5123111014 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5123111014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5123111014 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5123111014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5123111014 CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5123111014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5123111014 BIBLIOGRAPHI.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5123111014 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran STAD dilakukan adalah dengan tujuan untuk mengetahui
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Diharapkan
dengan penerapan ini dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan aktivitas dan hasil
belajar yang lebih baik di dalam kelas sehingga memungkinkan akan meningkatkan nilai siswa
dalam mata pelajaan konstruksi bangunan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK),
dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu:
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam
dua siklus penelitian dimana tiap siklus difokuskan pada materi tentang spesifikasi dan
karakteristik kayu serta Mengelola spesifikasi dan karakteristik kayu untuk konstruksi
bangunan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas dengan subjek penelitian kelas X Teknik
Konstruksi Kayu dengan jumlah 34 orang. Tetapi sebelum dilakukan penelitian terlebih dahulu
dilakukan uji instrumen yang diuji cobakan kepada siswa kelas XI Teknik Konstruksi Kayu
kemudian dilanjutkan dengan pengolahan instrumen dengan mencari uji validitas, reliabilitas,
indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba instrumen untuk siklus I dari 25 soal
yang diujicobakan diperoleh 21soal yang valid dan siklus 2 terdapat 20 soal yang valid dari 25
soal yang diujicobakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model STAD dapat meningkatkan
aktivitas dan Hasil Belajar siswa. Pada siklus ke I hasil belajar siswa yang diperoleh nilai ratarata
Pretest nya adalah 63,4 dengan persentase ketuntasan 44,1 dan rata-rata nilai Postest adalah
85,9 dengan persentase ketuntasan adalah baru mencapai 85,3 % dari seluruh siswa. Pada siklus
ke II hasil belajar siswa yang diperoleh nilai rata-rata Pretest nya adalah 64,4 dengan persentase
ketuntasan 50 dan rata-rata nilai Postest adalah 96,2 dengan persentase ketuntasan meningkat
100 persen dari seluruh siswa. sedangkan untuk aktivitas siklus I pertemuan 1 adalah 57,72 yaitu
kategori Tidak Aktif, untuk pertemuan ke 2 adalah 76,01 yaitu kategori 76,01. Dan untuk siklus
II pada pertemuan 1 adalah 76,47 yaitu kategori Cukup Aktif dan pertemuan ke 2 meningkat
menjadi 80,14 yaitu kategori Aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BAN 056
Keywords: Hasil Belajar; Konstruksi Bangunan;Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Nov 2016 06:28
Last Modified: 29 Nov 2016 06:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21738

Actions (login required)

View Item
View Item