Silitonga, Ido Judika (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR KELAS X SMK 2 (TI) PANCA JAYA GALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123321015 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 5123321015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
3. NIM. 5123321015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
4. NIM. 5123321015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM. 5123321015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. NIM. 5123321015 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 5123321015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 5123321015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
9. NIM. 5123321015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
13. NIM. 5123321015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
14. NIM. 5123321015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar menggunakan
alat ukur siswa kelas X SMK 2 TI Panca Jaya Galang. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil
belajar siswa menggunakan alat ukur kelas X SMK 2 TI Panca Jaya Galang Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di SMK 2 TI Panca Jaya Galang, yang beralamat
di Jalan Sei Karang Lingkungan VII Kampung Agam – Galang, Kabupaten Deli
Serdang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Sampel dalam
penelitian adalah siswa kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan
dengan menggunakan model pembelajaran make a match dan kelas X TKR 1
sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model Teacher
Centered Learning. Tenik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur
hasil belajar menggunakan alat ukur siswa berupa objektif berjumlah 20 soal
dengan 5 pilihan option. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan
menentukan nilai rata – rata, varians, menghitung uji normalitas menggunakan uji
Liliefors, uji homogenitas, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria
terima hipotesis apabila menunjukkan > pada = 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian data posttest kelas eksperimen diperoleh rata
– rata nilai postest sebesar 81,33 dan standar deviasi 10,66 sedangkan nilai rata –
rata postest kelas kontrol sebesar 73,50 dengan standar deviasi 9,30. Dengan
demikian ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar
menggunakan alat ukur siswa dalam dua kelompok belajar dimana hasil belajar
kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Data berdistribusi normal dan
juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari
pengujian hipotesis diperoleh sebesar 4,369 dan sebesar 1,673 pada
taraf = 0,05, setelah membandingkan dengan kriteria pengujian hipotesis maka
diperoleh bahwa > atau 4,369 > 1,673 yang berarti hipotesis
penelitian diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh hasil belajar menggunakan alat ukur yang diajarkan model
pembelajaran make a match pada siswa kelas X SMK 2 (TI) Panca Jaya Galang
Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 060 |
Keywords: | Model Pembelajaran Make A Match; Hasil Belajar;Alat Ukur. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ181 Mechanical movements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 03:40 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21700 |