HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU

Barus, Mulana (2011) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU. Jurnal Tabularasa, 8 (2). pp. 121-134. ISSN 1693-7732

[thumbnail of TABULARASA VOL 8 NO 2 DES 2011Muliana Barus.pdf]
Preview
Text
TABULARASA VOL 8 NO 2 DES 2011Muliana Barus.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru SD Negeri Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Popuilasi adalah seluruh guru SD Negeri Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang sebanyak 283 orang, dengan sampel berjumlah 72 orang yang ditentukan dengan menggunakan random sampling proposional berstrata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil analisi korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi denga kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Besar sumbangan efektif dari variabel persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar 29,23% dan sumbangan relatif 52,39% serta besar sumbangan efektif dari variabel iklim organisasi dengan kinerja guru sebesar 26,56% dan sumbangan relatif 47,61%. Saran kepada guru dan komponen yang terkait agar berupaya meningkatkan persepsi kinerja guru semakin meningkat.

Item Type: Article
Keywords: Kinerja guru; Persepsi guru; Kepemimpinan kepala sekolah; Iklim organisasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Mar 2016 09:54
Last Modified: 29 Mar 2016 09:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item
View Item