Siregar, Robert Hamonangan (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK PERMESINAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN PROSES DASAR PERLAKUAN LOGAM DI SMK SWASTA YWKA MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113121036 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 51131210036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
3. NIM. 51131210036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM. 5113121036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
5. NIM. 5113121036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6. NIM 5113121036 TABLES.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
7. NIM 51113121036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM. 5113121036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
12. NIM 5113121036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
13. NIM 5113121036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Paie Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas X Teknik Permesinan SMK SWASTA YWKA Medan T.A 2015/2016. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X Teknik
Permesinan pada materi pokok menjelaskan pembuatan dan pengolahan logam di SMK
SWASTA YWKA Medan melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
(TPS).Penelitian ini dilaksanakan di SMK SWASTA YWKA Medan yang berlokasi di Jl. Lampu
No. 2 Brayan Bengkel Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik
Permesinan SMK SWASTA YWKA Medan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Adapun teknik analisis data
yaitu ketuntasan perorangan dan ketuntasan klasikal. Dari hasil analisis diperoleh data dari tes
awal sebelum tindakan dengan nilai rata-rata 48,91dengan presentase ketuntasan klasikal 10%.
Data evaluasisiklus I dengan nilai rata-rata 70,09 dengan ketuntasan klasikal 56,6%, berarti ada
peningkatan hasil belajar siswa sebesar 21,18. Sedangkan data evaluasi siklus II dengan rata-rata
nilai hasil belajar siswa sebesar 83,7 dengan presentase ketuntasan klasikal 80%, berarti ada
peningkatan hasil belajar siswa dari evaluasi siklus I ke siklus II sebesar 13,61. Dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada
materi pokok menjelaskan pembuatan dan pengolahan logam di kelas X Teknik Permesinan
SMK SWASTA YWKA Medan T.A 2015/2016 membuktikan peningkatan hasil belajar siswa
yang signifikan. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
(TPS) dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran Proses Dasar Perlakuan Logam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 088 |
Keywords: | Pembelajaran tipe Think Pair Share ; Hasil Belajar; Proses Dasar Perlakuan Logam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 02:08 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21684 |