Sihombing, Erna Erdina (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PERALATAN MAKAN MATA PELAJARAN TATA HIDANG SISWA KELAS X DI SMK SWASTA PENCAWAN SCHOOL MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113142016 Cover.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 5113142016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5113142016 Abstrak.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. NIM. 5113142016 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM. 5113142016 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 5113142016 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 5113142016 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5113142016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 5113142016 Bab I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
13. NIM. 5113142016 Bab V.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
14. NIM. 5113142016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual pada pengetahuan peralatan makan kelas X-a SMK Pencawan Medan. 2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Media Gambar pada pengetahuan peralatan makan kelas X-b SMK Pencawan Medan. 3) Media Pembelajaran Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pengetahuan peralatan makan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Pencawan Medan. Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas. Sedangkan sampel penelitian ini diambil secara teknik total sampling sebanyak 2 kelas yang berjumlah 66 siswa. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan tes objektif sebanyak 42 butir soal. Sebelumnya tes ini ada 50 butir soal, akan tetapi setelah diujicobakan pada kelas lain diluar sampel penelitian untuk melihat kesahan tes, terdapat 42 butir soal yang memenuhi analisis instrument tes dengan Reliabilitas soal sebesar 0,93. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data pre tes dan post tes dari kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: tingkat kecendrungan hasil belajar pengetahuan peralatan makan siswa kelas X-a kategori cendrung tinggi 24,24 % kategori cendrung cukup sebesar 75,75 dan tingkat kecendrungan pada siswa kelas X-b kategori cendrung cukup 99,99 %. Berdasarkah hasil test kognitif pada materi pengetahuan peralatan makan hasil belajar kelompok siswa kelas X-a yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Audio Visual lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas X-b yang diajar dengan menggunakan media Gambar pada pengetahuan peralatan makan dengan diperoleh nilai > yaitu = 4,395 > 0,661, sehingga penelitian hipotesis diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap hasil belajar pengetahuan peralatan makan diperoleh hasil sebagai berikut : > (4,395 > 0,661) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis tersebut diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 048 |
Keywords: | Penggunaan Media Pembelajaran; Audio Visual; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 07:00 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21677 |