Asyiah, Suci Dwi (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SISWA KELAS X SMK PUTRA ANDA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123142039 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 5123142039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 5123142039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 5123142039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 5123142039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM 5123142039 TABLE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 5123142039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 5123142039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 5123142039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
13. NIM. 5123142039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 5123142039 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini berdasarkan hasil observasi yaitu kurang maksimalnya hasil belajar siswa serta kurang maksimalnya pemberikan variasi belajar pembelajaran di kelas X Tata Boga SMK Putra Anda Binjai. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Koperatif tipe Talking Chips ini terhadap hasil belajar Boga Dasar kelas X Tata Boga. Penelitian dilaksanakan di SMK Putra Anda Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Boga SMK Putra Anda Binjai T.P 2016/2017 yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Uji validitas tes menggunakan rumus koefsien Point Biserial sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunujukkan bahwa berdasarkan tes hasil belajar yang diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Koperatif tipe Talking chips di peroleh rata-rata skor 73,13 dan varians 10,12 dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 41 dengan jumlah sampel 30 siswa. Tingkat kecendrungan nilai siswa 53,3% tergolong Baik dan 3,3% tergolong kurang. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan model pembelajran konvensional terdapat rata-rata skor 54,23 dan varians 7,40 dengan skor tertinggi 70 dan skor terendah 41 dengan jumlah sampel 30 siswa. Tingkat kecendrungan nilai siswa 73,3% tergolong Cukup dan 23,4% tergolong kurang. Dari hasil perhitungan hipotesis terdapat thitungyaitu 8,05 dengan ttable yaitu 1,67 dapat terlihat bahwa thitung>ttabel atau 8,05>1,67 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Boga Dasar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Chips lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Boga Dasar yang menggunakan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMK Putra Anda Binjai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 054 |
Keywords: | Pembelajaran Konvensional tipe Talking Chips; Hasil belajar; Boga Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 04:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21675 |