Silitonga., Monalisa (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN MAKANAN KONTINENTAL PADA SISWA SMK PENCAWAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113342014 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 5113342014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
3. NIM 5113342014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM 5113342014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM 5113342014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM 5113342014 TABLE.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM 5113342014 APENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 5113342014 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
12. NIM 5113342014 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
13. NIM 5113342014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar siswa yang
menggunakan media gambar pada mata pelajaran pengetahuan makanan
kontinental; (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media
gambar pada mata pelajaran pengetahuan makanan kontinental; (3) Pengaruh
penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
pengetahuan makanan kontinental. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen.
Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Pencawan Medan, penentuan kelas
dilakukan secara Total Sampling sehingga sampel kelas terdiri dari dua kelas yaitu
X-1 yang berjumlah 30 orang dan kelas X-2 yang berjumlah 30 orang. Sehingga
jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan distribusi frekuensi, uji
kecenderungan, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t).
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa
yang menggunakan media gambar kategori cenderung tinggi dengan jumlah
pesentase 93,33 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak
menggunakan media gambar kategori cenderung cukup dengan jumlah persentase
53,33 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal.
Dengan nilai kelas yang menggunakan media gambar (Lo = 0,020 < Ltabel =
0,161), kelas yang tidak menggunakan media gambar (Lo = 0,004 < Ltabel =
0,161). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu (4,87 >
1,59) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian terdapat pengaruh yang
signifikan penggunaan media gambar terhadap hasil belajar pengetahuan makanan
kontinental pada siswa SMK Pencawan Medan. Artinya dengan penggunaan
media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pengetahuan Makanan
Kontinental
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 067 |
Keywords: | Media Gambar; Makanan Kontinental;Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 03:21 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21656 |