Sianipar, Benny Haposan (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (TIPE STAD) PADA SISWA SMK NEGERI 1 BALIGE T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
5113331004 COVER.PDF - Published Version
Download (46kB) | Preview
5113331004 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview
5113331004 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (113kB) | Preview
5113331004 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (187kB) | Preview
5113331004 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (140kB) | Preview
5113331004 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (109kB) | Preview
5113331004 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (109kB) | Preview
5113331004 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (35kB) | Preview
5113331004 BAB I.PDF - Published Version
Download (637kB) | Preview
5113331004 BAB V.PDF - Published Version
Download (193kB) | Preview
5113331004 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Balige tahun ajaran 2015/2016. Menganalisis Rangkaian Listrik merupakan salah satu program mata pelajaran pada pendidikan kejuruan program studi keahlian Teknik Listrik. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Arikunto yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 2 SMK Negeri 1 Balige yang terdiri dari 27 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tes dan obsevasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Balige. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan belajar secara klasikal yakni 62,96% pada siklus I dan 77,77% pada siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 69,62 pada siklus I dan 83,45 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 040 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe STAD; Hasil belajar siswa; Menganalisis rangkaian listrik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 03:22 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21655 |