Siregar, Syarimah (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DI SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM 8146171085 COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
02. NIM 8146171085 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
03. NIM 8146171085 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
04. NIM 8146171085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
05. NIM 8146171085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
06. NIM 8146171085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
07. NIM 8146171085 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
08. NIM 8146171085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
09. NIM 8146171085 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
013. NIM 8146171085 BAB V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
014. NIM 8146171085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran learning cycle 5e, (2) Menganalisis peningkatan self efficacy siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran learning cycle 5e, (3) Menganalisis interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) Menganalisis interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap self efficacy siswa, (5) Menganalisis kesalahan-kesalahan apa yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) angket self efficacy. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitiaan menunjukkan (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA melalui pembelajaran learning cycle 5e lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan pembelajaran biasa. (2) Peningkatan self efficacy siswa SMA melalui pembelajaran learning cycle 5e lebih tinggi daripada peningkatan self efficacy siswa dengan pembelajaran biasa. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan self efficacy siswa. (5) Kesalahan penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah kemampuan pemecahan masalah matematika terdapat pada langkah ke 2 yaitu siswa sering tidak menuliskan perencanaan penyelesaian dan pada langkah ke 4 yaitu tidak melakukan pemeriksaan kembali (looking back).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.240 712 Sir p |
Keywords: | Learning cycle 5e; Pemecahan masalah; Self efficacy; Trigonometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Nov 2016 02:09 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21635 |