Sianturi, Nurmala (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 173333 LINTONGNIHUTA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173333 Lintongnihuta, jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode
demonstrasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
IPA dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri
173333 Lintongnihuta.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 173333
Lintongnihuta dengan jumlah siswa 36 orang yang terdiri dari 20 siswa lakilakidan
16 siswaperempuan. Dengan instrument penelitian tes pilihan berganda
dan lembar observasi.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperole hpeningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas
yang diperoleh siswa sebanyak 50,13 dari 36 siswa, dimana jumlah siswa yang
tuntas 8 siswa (22,22 %) dan siswa yang belum tuntas 28 siswa (77,77 %). Pada
siklus I,bahwa Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65 atau hanya 56 % siswa
yang masihperluperbaikan. Hasilpenelitianpadasiklus II, dari 36 orang siswa
masih terdapat 3 siswa yang memiliki nilai dibawah KKMdan 33 siswa atau 91,66
% sudah mencapai nilai criteria ketuntasan minimal. Dengan demikian terdapat
peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Demonstrasi. Nilai
siswa yang diajarkan setelah menggunakan metode demonstrasi lebih tinggi
daripada nilai siswa yang diajarkan sebelum menggunakan metode demonstrasi.
Yaitu dengan nilai rata-rata 55,55 sebelum menggunakan metode demonstrasi
pada siklus I dan nilai rata-rata 81,11 setelah menggunakan metode demonstrasi
pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 237 |
Keywords: | Metode Demonstrasi; IPA; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 08:10 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21627 |