PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS II SD NEGERI 177051 LAEMAGA RAMBUNG KEC. TARABINTANG KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Padang, Haposan Cari (2016) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS II SD NEGERI 177051 LAEMAGA RAMBUNG KEC. TARABINTANG KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 177051 Laemaga Rambung, jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode
demonstrasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui Sejauh mana
penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada materi
Perubahan benda di kelas II SD Negeri 177051 Laemaga Rambung.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 177051 Laemaga
Rambung dengan jumlah siswa21 terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 6 perempuan.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas
yang diperoleh siswa sebanyak 45,24 dari 21 orang siswa, dimana 7 siswa
(33,33%) memperoleh ketuntasan dan 20 siswa (66,67%) yang belum tuntas. Pada
siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 55,24 dimana 10 siswa (48%)
memperoleh ketuntasan, 11 siswa (52%) yang belum tuntas dan nilai observasi
aktivitas siswa 68,75%kategori penilaian cukup secara klasikal. Pada siklus II
rata-rata kelas siswa meningkat 66,67 dimana 17 siswa (81%) memperoleh
ketuntasan, 4 siswa (19%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa
84,38%kategori penilaian baik secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara
klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 302
Keywords: Metode Demonstrasi; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 08:03
Last Modified: 22 Nov 2016 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21626

Actions (login required)

View Item
View Item