Padang, Haposan Cari (2016) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS II SD NEGERI 177051 LAEMAGA RAMBUNG KEC. TARABINTANG KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 177051 Laemaga Rambung, jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode
demonstrasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui Sejauh mana
penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada materi
Perubahan benda di kelas II SD Negeri 177051 Laemaga Rambung.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 177051 Laemaga
Rambung dengan jumlah siswa21 terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 6 perempuan.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas
yang diperoleh siswa sebanyak 45,24 dari 21 orang siswa, dimana 7 siswa
(33,33%) memperoleh ketuntasan dan 20 siswa (66,67%) yang belum tuntas. Pada
siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 55,24 dimana 10 siswa (48%)
memperoleh ketuntasan, 11 siswa (52%) yang belum tuntas dan nilai observasi
aktivitas siswa 68,75%kategori penilaian cukup secara klasikal. Pada siklus II
rata-rata kelas siswa meningkat 66,67 dimana 17 siswa (81%) memperoleh
ketuntasan, 4 siswa (19%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa
84,38%kategori penilaian baik secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara
klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 302 |
Keywords: | Metode Demonstrasi; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 08:03 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21626 |