Sahnan, Muhammad (2004) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN DENGAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA SEKOLAH MENENGAH UMUM NEGERI 1 LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
015020041 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
015020041 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
015020041 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
015020041 -Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
015020041 - Bab V.pdf - Published Version
Download (661kB) | Preview
015020041 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah (a) Apakah terdapat hubungan yang berarti antara kecerdasan emosional dengan keterampilan berkomunikasi siswa SMU Negeri 1 Lubuk Pakam Deli Serdang? (b) Apakah terdapat hubungan yang berarti antara disiplin dengan keterampilan berkomunikasi siswa SMU Negeri 1 Lubuk Pakam Deli Serdang? (c) Apakah terdapat hubungan yang berarti antara kecerdasan emosional dan disiplin secara bersama-sama dengan keterampilan berkomunikasi siswa SMU Negeri 1 Lubuk Pakam Deli Serang? Selanjutnya tujuan penelitian ini ialah memperoleh gambaran mengenai hubungan antara kecerdasan emosional dan disiplin secara bersama-sama dengan keterampilan berkomunikasi siswa SMU Negeri 1 Lubuk Pakam Deli Serang. Kegunaan penelitian sebagai masukan bagi kepada sekoiah, guru, dan siswa agar dapat menerapkan peraturan-peraturan sekolah yang dapat memotivasi untuk Iebih disiplin.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Ill SMUN 1 Lubuk Pakam dengan jumlah 335 prang. Sampel diambil secara stratified proportional sampling, yaitu peneliti memberikan peluang yang sama kepada anggota populasi untuk menjadi sampel. Dengan rumus Cohran hasil perhitungan sampel terpilih strata jurusan berjumlah 74 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional, disiplin, dan keterampilan berkomunikasi yang seluruhnya diukur dengan tes psikologi yang pengukurannya dilaksanakan oleh Unit Pelayanan Bimbingan dan Kansaling (UPBK) Unimed.Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa, (a) terdapat korelasi yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan keterampilan berkomunikasi. Sumbangan variabel kecerdasan emosional terhadap keterampilan berkomunikasi sebesar 8,78%. (b) terdapat korelasi yang positif dan berarti antara disiplin dengan keterampilan berkomunikasi. Sumbangan variabel disiplin terhadap keterampilan berkomunikasi sebesar 11,78%.terdapat korelasi yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dan disiplin secara bersama-sama dengan keterampilan berkomunikasi. Sumbangan variabel kecerdasan emosional dan disiplin secara bersama¬sama dengan keterampilan berkomunikasi sebesar 20,56%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.152 Sah h |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Disiplin Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2162 |