UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI PADA PELAJARAN PKn KELAS III SD NEGERI 173479 NAPAPARIRA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/20

Simanullang, Imelda (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI PADA PELAJARAN PKn KELAS III SD NEGERI 173479 NAPAPARIRA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/20. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PKn di Kelas III SD Negeri Napaparira di Kabupaten Humbang
Hasundutan T.P. 2015/2016 dengan menggunakan metode simulasi.
Subjek penelitian ini adalah siswa dan siswi Kelas III SD Negeri
Napaparira, yang berjumlah sebanyak 13 orang. Penelitian ini merupakan jenis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap
siklus dilakukan dua kali pertemuan dan setiap pertemuan dilakukan selama 35
menit. Setiap siklus memiliki 4 (empat) tahapan, yakni: Perencanaan,
Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi dan instrumen yang digunakan dalam
penelitian adalah lembaran observasi yang ditujukan untuk mengukur tingkat
motivasi belajar siswa.
Hasil persentase yang diperoleh pada test awal dalam Siklus I
membuktikan bahwa rendahnya hasil belajar siswa, hal ini terlihat kemampuan
dari 13 orang siswa, sebanyak 6 orang siswa (46,02%) dinyatakan tuntas, dan 7
orang siswa (53,08%) dinyatakan tidak tuntas.
Hasil persentase pada Siklus I belum memuaskan, maka dilakukan
tindakan perbaikan. Pada Siklus II menunjukkan hasil belajar siswa mengalami
peningkatan. Berdasarkan hasil perhitungan, kemampuan dari 13 orang siswa,
sebanyak 10 orang siswa (sebesar 76,92%) dinyatakan lulus dan sebanyak 3
orang siswa (sebesar 23,08%) dinyatakan tidak lulus.
Dengan menggunakan Metode Simulasi dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa dalam Mata Pelajaran PKn materi ajar tentang norma-norma pada
siswa dan siswi Kelas III SD Negeri Napaparira Kecamatan Pakat Kabupaten
Humbang Hasundutan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 287
Keywords: Hasil Belajar; Metode Simulasi; PKn
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:07
Last Modified: 22 Nov 2016 07:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21616

Actions (login required)

View Item
View Item