Simanullang, Imelda (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI PADA PELAJARAN PKn KELAS III SD NEGERI 173479 NAPAPARIRA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/20. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PKn di Kelas III SD Negeri Napaparira di Kabupaten Humbang
Hasundutan T.P. 2015/2016 dengan menggunakan metode simulasi.
Subjek penelitian ini adalah siswa dan siswi Kelas III SD Negeri
Napaparira, yang berjumlah sebanyak 13 orang. Penelitian ini merupakan jenis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap
siklus dilakukan dua kali pertemuan dan setiap pertemuan dilakukan selama 35
menit. Setiap siklus memiliki 4 (empat) tahapan, yakni: Perencanaan,
Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi dan instrumen yang digunakan dalam
penelitian adalah lembaran observasi yang ditujukan untuk mengukur tingkat
motivasi belajar siswa.
Hasil persentase yang diperoleh pada test awal dalam Siklus I
membuktikan bahwa rendahnya hasil belajar siswa, hal ini terlihat kemampuan
dari 13 orang siswa, sebanyak 6 orang siswa (46,02%) dinyatakan tuntas, dan 7
orang siswa (53,08%) dinyatakan tidak tuntas.
Hasil persentase pada Siklus I belum memuaskan, maka dilakukan
tindakan perbaikan. Pada Siklus II menunjukkan hasil belajar siswa mengalami
peningkatan. Berdasarkan hasil perhitungan, kemampuan dari 13 orang siswa,
sebanyak 10 orang siswa (sebesar 76,92%) dinyatakan lulus dan sebanyak 3
orang siswa (sebesar 23,08%) dinyatakan tidak lulus.
Dengan menggunakan Metode Simulasi dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa dalam Mata Pelajaran PKn materi ajar tentang norma-norma pada
siswa dan siswi Kelas III SD Negeri Napaparira Kecamatan Pakat Kabupaten
Humbang Hasundutan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 287 |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Simulasi; PKn |
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 07:07 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21616 |