Sihombing, Repi Magdalena (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 175792 SIBULUAN KEC. ONAN GANJANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilaksanakan di kelas VI SDNegeri 175792 Sibuluan pada
semester ganjil tahun pembelajaran 2015/2016. Subjek penelitian berjumlah 26
orang siswa, dengan perincian 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Pengambilan data menggunakan metode observasi, angket, tes tulis dan
perbuatan, serta dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Setiap
siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Pelaksanaan tindakan secara berurutan berupa: pembelajaran klasikal,
pembelajaran kelompok membuat soal dan jawaban model STAD. Setiap siklus
terdiri dari dua pertemuan. Pertemuan I pembelajaran klasikal, kerja kelompok.
Pertemuan II melanjutkan unjuk kerja kelompok dan evaluasi hasil belajar.
Hasil penelitian pada siklus I, aktifitas pembelajaran klasikal hanya
mencapai 54,22%. Hal ini belum mencapai peningkatan proses pembelajaran yang
diharapkan yaitu 60-70%. Namun pada proses pembelajaran kelompok telah
mencapai 91,66% dengan target 70-80%. Sedangkan hasil belajar hanya mencapai
66,66% siswa mencapai nilai 60 - >60 dengan rerata nilai 65 sedangkan target
yang ditentukan 100% tuntas mencapai nilai 60 - >60. Untuk meningkatkan
proses pembelajaran klasikal pada siklus II setiap siswa diberi peraga beberapa
bangun datar untuk dibentuk menjadi berbagai gabungan bangun dalam membuat
soal. Pada Siklus II selain ada peraga untuk setiap siswa, untuk dapat menemukan
rumus luas bangun ruang berdasarkan rumus luas bangun datar yang telah
dikuasai siswa, juga ditambah dengan pemberian tugas rumah berupa latihanlatihan.
Hal ini disebabkan kompetensi yang harus dikuasai semakin sulit. Pada
siklus II terjadi peningkatan proses pembelajaran klasikal yang cukup tinggi
menjadi 84,61%. Hal ini disebabkan semakin banyaknya siswa yang mengajukan
pertanyaan sebanyak 10 siswa dan mencatat sebanyak 26 siswa. Proses
Pembelajaran kelompok meningkat menjadi 97,61%. Sedangkan hasil belajar
mencapai rerata 79,61% dengan 100% siswa mencapai nilai 60 - >60. Dengan
demikian semua target yang ditetapkan telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model
kooperatif STAD dapat mendorong siswa untuk belajar tentang luas bangun lebih
bersemangat, meningkatkan proses pembelajaran, dan hasil belajar.
Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Model Kooperatif STAD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 293 |
Keywords: | Luas Bangun Dasar;Matematika;Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 06:56 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21614 |