nainggolan, Erisa (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 173477 TUKKA KEC. PAKKAT KAB. HUMBANG HASASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SDNegeri 173477 Tukka, jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar dalam
pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media
gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peninggalan sejarah
di lingkungan setempat di Kelas IV SDNegeri 173477 Tukka Kecamatan Pakkat.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDNegeri173477 Tukka dengan
jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa
perempuan.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat tes awal nilai rata-rata
48,33 dan siswa yang mencapai tuntas sebanyak 6 orang atau 25%, dari jumlah
keseluruhan siswa, dan yang tidak tuntas sebanyak 18 orang atau 75% dari jumlah
keseluruhan. Hasil pemberian tes 1 (Siklus I) diperoleh rata-rata 56,6 dimana
siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 11 orang atau 45,83% dari jumlah
keseluruhan siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 13 orang atau 54,16% jumlah
keseluruhan siswa. Pada siklus II memperoleh skor rata-rata 77,5 dimana 21 orang
atau 87,5% dari jumlah keseluruhan mencapai ketuntasan, dan sebanyak 3 orang
yang tidak tuntas atau 12,5%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri
173477 Tukka Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun
Pembelajaran2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 291 |
Keywords: | Hasil belajar; Media Pembelajaran; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 06:33 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21609 |