Simatupang, Juanda Lius (2016) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG SAINS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 176353 SIBORUTOROP KEC. PARANGINAN KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 176353 Siborutorop Kec.
Paranginan, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan
menggunakan Media Gambar dalam pembelajaran yang bertujuan untuk
mengetahui sejauh mana penggunaan Media Gambar dapat meningkatkan hasil
belajar siswa tentang Penyesuaian Diri Mahluk Hidup Dengan Lingkungan di
kelas V SD Negeri 176353 Siborutorop Kec. Paranginan.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Neg 176353 Siborutorop
dengan jumlah siswa 22 terdiri dari 15 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas
yang diperoleh siswa sebanyak 41 dari 22 orang siswa, dimana 3 siswa (14%)
memperoleh ketuntasan dan 19 siswa (86%) yang belum tuntas. Pada siklus I ratarata
kelas siswa meningkat menjadi 64 dimana 13 siswa (59,1%) memperoleh
ketuntasan, 8 siswa (40,9%) yang belum tuntas. Pada siklus II rata-rata kelas
siswa meningkat 85 dimana 20 siswa (91%) memperoleh ketuntasan, 2 siswa
(9,1%) yang belum tuntas. Dari peningkatan ketuntasan yang diperoleh siswa
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 288 |
Keywords: | Hasil Belajar; Siswa;Media Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 06:29 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 06:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21608 |