Maharaja, Repelita (2016) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD NEGERI 177935 SIHORBO RURA TANJUNG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV
dalam mempelajari materi perubahan wujud benda dikarenakan kurang tepatnya
metode mengajar yang digunakan guru dalam menyampaikan materi ajar sehingga
hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitan ini bertujuan untuk melihat apakah
terdapat hasil belajar yang lebih meningkat dengan penerapan metode Eksperimen
pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Perubahan Wujud Benda di kelas IV SD
Negeri 177935Sihorbo Rura Tanjung Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang
Hasundutan”.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 177935Sihorbo Rura TanjungTahun
Pelajaran 2015/2016 di Kelas IV semester ganjil dengan jumlah siswa sebanyak
12 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua
siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Instrument penelitian dalam penelitian ini adalah tes hasil
belajar dan observasi.
Hasil penelitian pada tes awal diperoleh nilai rata-rata 54,17 dimana siswa
yang mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 4 orang atau 33,33% dari seluruh
siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 8 orang atau 66,67% dari jumlah siswa.
Hasil tes pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 60,00 dimana siswa yang mencapai
ketuntasan klasikal sebanyak 7 orang atau 58,33% dari jumlah siswa dan yang
belum tuntas sebanyak 5 orang atau 41,67% dari jumlah siswa. Hasil observasi
rata-rata keaktifan siswahanya sebesar 45,85%. Pada siklus II diperoleh nilai ratarata
69,17 dimana siswa yang tuntas secara klasikal sebanyak 10 orang atau
83,33% dari jumlah siswa dan yang belum tuntas sebanyak 2 orang atau 16,67%
dari jumlah siswa. Hasil observasi rata-rata keaktifan siswa mencapai 77,78%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimendapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri
177935 Sihorbo Rura Tanjung T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 286 |
Keywords: | Wujud Benda; IPA; Metode Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 06:18 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 06:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21605 |