Sembiring, Nova Ulina (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TANJUNG MORAWA KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1 Cover.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2 Abstrak.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
3 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
4 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
6 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8 Abstrak.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
12 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar TIK di SMP Negeri 4 Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dirancang mengikuti Model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi serangkaian yang saling terkait (berkesinambungan) dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang diikuti oleh perencanaan pada siklus berikutnya dengan memanfaatkan hasil refleksi sebelumnya. Solusinya dirancang berdasarkan kajian teori pembelajaran dan input dari lapangan. Adapun rancangan solusi yang dimaksud adalah tindakan berupa penggunaan media pembelajaran interaktif dalam mengajarkan pokok bahasan Microsoft office excel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 35 orang. Hasil yang di dapat dari kedua siklus adalah terdapatnya perangkat pembelajaran berupa bahan ajar berbasis komputer, RPP, dan modul simulasi/animasi .Temuan penelitian menunjukkan pembelajaran TIK dengan penggunaan media pembelajaran interaktif melalui Microsoft Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar TIK setiap siklus yaitu dari rata-rata 64,81 menjadi rata-rata 82,63 . siswa merasa senang belajar TIK dan termotivasi untuk belajar Hal ini mengimplikasikan bahwa dengan penerapan multimedia interaktif dapat meningkatkan Keterampilan guru, aktivitas siswa atau tanggapan yang positif terhadap pembelajaran tersebut, untuk itu para guru diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkan bahan ajar interaktif dalam pembelajaran TIK.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Sem u |
Keywords: | Hakikat TIK; Media pembelajaran; Belajar; Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 06:41 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21581 |