UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PAKEM DI KELAS IV SD NEGERI 173322 PARULOHAN KEC. LINTONGNIHUTA KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016

Marbun, Junian S (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PAKEM DI KELAS IV SD NEGERI 173322 PARULOHAN KEC. LINTONGNIHUTA KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK..pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK..pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas IV SD Negeri 173322 Parulohan
Kecamatan Lintongnihuta kabupaten Humbang Hasundutan ditemukan masalah
dalam pembelajaran IPA. Proses pembelajaran berpusat pada guru. Hal ini terlihat
ketika guru dalam menyampaikan materi dominan menggunakan metode ceramah.
Siswa di kelas merasa jenuh dan cenderung bosan serta tidak fokus dalam
mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas SD
Negeri 173322 Parulohan, menunjukkan bahwa proses belajar mengajar IPA
dengan materi wujud benda siswa kelas IV dianggap kurang berhasil.
Informasi yang diperoleh rata-rata kelas masih di bawah Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) sedangkan target KKM kelas harus mencapai 65.
Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah penggunaan pembelajaran
PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas
IV SD Negeri 173322 Parulohan dengan materi wujud benda, khususnya dalam
kaitan penguasaan konsep dengan hal sebenarnya?”. Tujuan penelitian tindakan
kelas ini adalah Meningkatkan kemampuan siswa dalam menghubungkan konsep
pembelajaran IPA dengan keadaan yang sebenarnya dan lingkungan sekitar.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 173322
Parulohan Tahun Pelajaran 2015/2016. Siswa kelas IV SD Negeri 173322
Parulohan Tahun Pelajaran 2015/2016 berjumlah 39 siswa. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus. Hasil Penelitian menunjukkan hasil belajarIPA dengan materi
wujud benda mengalami peningkatan.
Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 53,85% dan siklus II ketuntasan
klasikal meningkat menjadi 92,31%. Hasil rata-rata belajar IPA dengan materi
wujud benda pada siklus I sebesar 61,23 dan siklus II sebesar 73,08.
Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa
nilai rata-rat dari 61,23 pada siklus I menjadi 73,08 pada siklus II adalah 11,85.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi
penigkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan Pembelajaran Aktif, Kreatif,
Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran IPA dengan materi
wujud benda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 261
Keywords: Hasil Belajar; IPA; PAKEM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:35
Last Modified: 18 Nov 2016 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21567

Actions (login required)

View Item
View Item