Marbun, Ramsita H. (2016) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KELAS IV SD NEGERI 176363 RUMBIA KEC. TARABINTANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 176363 Rumbia. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA SiswaKelas IV SDN 176363
Rumbia Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan
menerapkanmetodepembelajaranEksperimen di kelas IV SDN 176363
Rumbiatahunpelajaran 2014/2015.
Subjek dalam penelitian ini adalah SDN 176363 Rumbia yang berjumlah
20 orang, 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki, dan objek dalam penelitian
ini adalah penerapan metode pembelajaran eksperimen untuk meningkatkan hasil
belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
terdiridari 2 siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik analisis data dengan
menggunakan reduksi data danpenyajian data.
Berdasarkanhasil penelitiandananalisis data, data diperoleh data tes
sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 siswaatau 25 %
dengan rata-rata 58,00 sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak
10 siswaatau 50% dengan rata-rata nilai 67,25 meningkat pada siklus II sebanyak
17 orang atau 85% dengan rata-rata nilai 77,25 atau mengalami peningkatan
sebesar 35%.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 176363 Rumbia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 267 |
Keywords: | Hasil Belajar; IPS; Materi Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 03:25 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21565 |