Nainggolan, Lilis Sri Anita (2016) PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SD NEGERI 173462 PAKKAT KEC. PAKKAT KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar
siswa pada mata pelajaran PKn di SD Negeri 173462 Pakkat. Siswa tidak
dibiasakan untuk berani mengemukakan pendapat, hal ini terjadi karena suasana
pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh. Oleh karena itu, guru
menggunakan metode kerja kelompok agar tercipta suasana pembelajaran yang
menarik dan menyenangkan. Penelitian ini yaitu ingin memperoleh data tentang
persiapan guru merancang pembelajaran, mengelola proses pembelajaran,
peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SD
Negeri 173462 Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan.
Penelitian di lakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV
sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan,
dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 antara bulan Juli
2015 sampai dengan Agustus 2015. Teknik pengumpulan data antara lain dengan
lembar observasi dan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan
pembelajaran.
Hasil penelitian siklus 1 berkaitan dengan peningkatan sikap kerja
kelompok dan sikap bertanggung jawab; siklus 2 berkaitan dengan peningkatan
sikap kerja kelompok dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran
PKn dengan menggunakan metode kerja kelompok telah menunjukkan
peningkatan. Keberhasilan ini didukung oleh adanya kesiapan guru dalam
merancang pembelajaran serta proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai
rencana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kerja kelompok dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri
173462 Pakkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 PGSD 256 |
Keywords: | Hasil Belajar; kerja KElompok; PKn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 03:17 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21563 |