Sihite, Marlehon (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE BELAJAR INKUIRI TERBIMBING DI KELAS V SD NEGERI 067242 MEDAN SUNGGAL T. A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 1123111051 COVER JUDUL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
02. NIM. 1123111051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (856kB) | Preview
03. NIM. 1123111051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
04. NIM. 1123111051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
05. NIM. 1123111051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
06. NIM. 1123111051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
07. NIM. 1123111051 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
08. NIM. 1123111051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
09. NIM. 1123111051 BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
13. NIM. 1123111051 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 1123111051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini tentang meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sains melalui metode belajar inkuiri terbimbing yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok sifat-sifat benda melalui penggunaan model pembelajaran inkuiri. Hipotesis yang diajukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi pokok sifat-sifat benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SD Negeri 067242 Medan Sunggal T.A 2016/2017.
Masalah dalam penelitian ini adalahmasih banyak ditemukan nilai hasil belajar siswa yang masih rendah atau berada di bawah nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 65, salah satu yang ditemukan adalah di SD Negeri 067242 Medan Sunggal dimana dari 32 orang siswa, hanya 14 orang siswa yang tuntas dan 18 orang siswa yang belum tuntas dan dapat dikatan masih jauh dari tercapainya ketuntasan klasikal.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 067242 Medan Sunggal yang berjumlah 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 067242 Medan sunggal yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan observasi.
Hasil penelitian pada siklus I, diperoleh hasil pengamatan/observasi dengan nilai rata-rata = 62,5 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 46,87 % atau 15 orang siswa yang telah tuntas dalam belajar dan 53,13 % atau 17 orang siswa yang belum tuntas dalam belajar.
Hasil penelitian pada siklus II, diperoleh hasil pengamatan/observasi dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 73,56 dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh 87,5% atau sebanyak 28 orang siswa yang telah tuntas dalam belajar dan sebanyak 4 orang siswa yang belum tuntas atau 12,5%.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat dipastikan bahwa ketuntasan klasikal telah tercapai dan hasil belajar yang telah diperoleh siswa berada dalam kategori baik dan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sifat-sifat benda di kelas V SD Negeri 067242 Medan Sunggal Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 207 |
Keywords: | mengajar;Pembelajaran;Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 09:09 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21554 |