Simatupang,, Dorti (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 177055 SIGALOGO KEC. ONAN GANJANG KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 177055 Sigalogo Kecamatan
Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Metode Demonstrasi
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi benda dan sifatnya di Kelas
IV SD Negeri 177055 Sigalogo Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang
Hasundutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 177055
Sigalogo Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan dengan
jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 15 orang
perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat
tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (obsevasi) dan evaluasi setiap
siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Alat pengumpulan data pada penelitian adalah
menggunakan observasi pelaksanaan pembelajaran bagian-bagian bunga dengan
menggunakan metode demonstrasi tes dalam bentu pilihan berganda.
Hasil penelitian pada tes awal di peroleh rata-rata skor siswa dari 30
jumlah siswa, terdapat 23 orang (76,7%) yang mendapat hasil belajar belum tuntas
sedangkan hasil belajar siswa yang mencapai syarat sebanyak 7 orang (23.3%).
Pada siklus I bahwa rata-rata penguasaan materi bagian-bagian tumbuhan
meningkat dari sebelumnya terlihat dari nilai rata-rata mencapai 57 dari 30 orang
siswa terdapat 15 orang(50%) yang mendapat hasil belajar yang belum tuntas,
sedangkan hasil belajar yang mencapai syarat sebanyak 15 orang (50%).pada
siklus II menunjukkan bahwa peguasaan materi semakin meningkat dari (50%).
meningkat menjadi (93,3%). Demikianyang dapat saya simpulkan bahwa
penerapan metode demonstrasi meningkatka hasil belajar siswa dalam
pembelajaran SAINS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 246 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran; Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 08:58 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21552 |