Silaban, Nurcahaya (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173405 SOSORGONTING KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Small Group Discussion dengan
tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan FPB dan
KPK.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK dilakukan
selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
tindakan,pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD
Negeri 173405 Sosorgonting T.P. 2015/2016 dengan jumlah siswa 25 orang.
Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan tes.
Instrumen penelitian menggunakan tes objektif dalam bentuk essay.
Hasil penelitian diperoleh rata–rata nilai pada saat pretes sebesar 43,20
dan meningkat menjadi 53,20 pada siklus I kemudian pada hasil tes siklus II
meningkat menjadi 65,20. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tingkat
ketuntasan belajar mencapai 40% yang berarti secara keseluruhan siswa belum
mencapai standar ketuntasan siswa. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan
belajar siswa sebesar 88%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Small Group Discussion dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam mempelajari FPB dan KPK pada siswa kelas IV SDNegeri 173405
Sosorgonting T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 240 |
Keywords: | Hasil Belajar; KPK; FPK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 08:14 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21546 |