Situmorang, Rusli (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173456 HUTAGINJANG KECAMATAN SIJAMAPOLANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173456 Hutaginjang Kecamatan
Sijamapolang Kabupaten Humbang Hasundutan. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Metode Eksperimen
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi benda dan sifatnya di Kelas
IV SD Negeri 173456 Hutaginjang Kecamatan Sijamapolang Kabupaten
Humbang Hasundutan.
Subjek penelitian ini adalah siswakelas IV SD Negeri 173456 Hutaginjang
Kecamatan Sijamapolang Kabupaten Humbang Hasundutan dengan jumlah siswa
sebanyak 10 orang yang terdiridari 4 orang laki-lakidan 6 orang perempuan.
Dari penelitian ini yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre test, nilai rata-rata
kelas yang diperoleh siswa sebanyak 10 orang adalah 3,6 dimana 1 orang siswa
(10%) yang memperoleh ketuntasandan 9 orang siswa (90%) yang belum tuntas.
Padasiklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 5,8 dimana 4 orang
siswa (40%) memperolehketuntasan, 6 orang siswa (6%) yang belum tuntas,
kategori penilaian baik secara klasikal. Pada Siklus II rata-rata siswa meningkat
menjadi 7,6 dimana 9 orang siswa (90%) memperoleh ketuntasan, 1 orang siswa
(10%) yang belum tuntas kategori penilaian baik secara klasikal.
Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 273 |
Keywords: | Eksperimen; Sains;Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 07:59 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21543 |