UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173456 HUTAGINJANG KECAMATAN SIJAMAPOLANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Situmorang, Rusli (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173456 HUTAGINJANG KECAMATAN SIJAMAPOLANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173456 Hutaginjang Kecamatan
Sijamapolang Kabupaten Humbang Hasundutan. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Metode Eksperimen
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi benda dan sifatnya di Kelas
IV SD Negeri 173456 Hutaginjang Kecamatan Sijamapolang Kabupaten
Humbang Hasundutan.
Subjek penelitian ini adalah siswakelas IV SD Negeri 173456 Hutaginjang
Kecamatan Sijamapolang Kabupaten Humbang Hasundutan dengan jumlah siswa
sebanyak 10 orang yang terdiridari 4 orang laki-lakidan 6 orang perempuan.
Dari penelitian ini yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre test, nilai rata-rata
kelas yang diperoleh siswa sebanyak 10 orang adalah 3,6 dimana 1 orang siswa
(10%) yang memperoleh ketuntasandan 9 orang siswa (90%) yang belum tuntas.
Padasiklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 5,8 dimana 4 orang
siswa (40%) memperolehketuntasan, 6 orang siswa (6%) yang belum tuntas,
kategori penilaian baik secara klasikal. Pada Siklus II rata-rata siswa meningkat
menjadi 7,6 dimana 9 orang siswa (90%) memperoleh ketuntasan, 1 orang siswa
(10%) yang belum tuntas kategori penilaian baik secara klasikal.
Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 273
Keywords: Eksperimen; Sains;Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:59
Last Modified: 17 Nov 2016 07:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21543

Actions (login required)

View Item
View Item