Togatorop, Riama (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 173397 DOLOKSANGGUL KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173397 Doloksanggul, jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan eksperimen
pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan
eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan
peristiwa di kelas V SD Negeri SD Negeri 173397 Doloksanggul.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 173397
Doloksanggul dengan jumlah siswa 40 orang terdiri dari 24 Siswa Perempuan dan
16 Siswa Laki-laki.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, Rata-rata kelas
yang diperoleh siswa sebanyak 45,63 dari 40 orang siswa, dimana 8 siswa (20%)
memperoleh ketuntasan dan 32 siswa (80%) yang belu tuntas. Pada Siklus I ratarata
siswa meningkat menjadi 52,25 dimana 19 siswa (47,50%) memperoleh
ketuntasan, 21 siswa (52,50%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas
siswa 79,16% kategori penilaian baik secara klasikal. Pada siklus II rata-rata kelas
siswa meningkat 76,75 dimana 35 siswa (87,50%) memperoleh ketuntasan, 5
siswa (12,50%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 91,66%
kategori penilaian baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara
klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa pengguna metode
eksperimen dapat meningkat hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 250 |
Keywords: | Metode Eksperimen; Hasil Belajar; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 07:42 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21540 |