Simbolon, Rayati Silvia (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 174542 SIGALAPANG KECAMATAN PAKKAT KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis puisi
siswa. Beragam masalah yang dihadapi siswa dalam kegiatan menulis. Siswa
kurang memiliki kemauan yang keras dalam menulis puisi. Siswa belum mampu
dalam membuat puisi dengan baik. Bentuk pelajaran yang berlangsung
mengutamakan model bermain peran.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah kemampuan menulis
puisi dapat ditingkatkan dengan menggunakan model bermain peran dalam
pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 174542 Sigalapang Kecamatan
Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan TA. 2015/2016.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 174542
Sigalapang Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan yang berjumlah
20 orang siswa. Objek kemampuan menulis puisi, sedangkan tindakan
pembelajaran menggunakan model bermain peran sebagai upaya guru untuk
meningkatkan kemampuan menulis puisi. Penelitian ini terdiri dari II siklus, yaitu:
siklus I dan siklus I. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan
observasi untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Kemudian diakhiri siklus I
dan siklus II secara bersamaan peneliti melakukan kegiatan observasi terhadap
aktivitas belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai prestasi dari 20 orang siswa
diperoleh tingkat ketuntasan klasikal 4 orang siswa denga persentase 20%
mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 16 orang siswa dengan persentase 80%
mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata 44. Pada siklus I terdapat sebanyak
10 orang siswa dengan persentase 50% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 10
orang siswa dengan persentase 50% belum tuntas dengan nilai rata-rata 52,75.
Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 17 orang siswa
dengan persentase 85% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 3 orang siswa
dengan persentase 15% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 65.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model bermain peran
dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi di kelas V SD Negeri 174542
Sigalapang Kecamtan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan. Oleh karena itu,
guru sebaiknya menerapkan model bermain peran sebagai upaya meningkatkan
kemampuan siswa dalam menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 245 |
Keywords: | Teknik Akrostik; Bahasa Indonesia Puisa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 07:30 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21538 |